Mengatasi Panas Tinggi Pada Anak, Radang Tenggorokan atau Sariawan?

Seminggu yang lalu si mbarep panas tinggi mulai malam Rabu hingga Kamis Sore padahal sudah diberi minum parasetamol dan dikompres air hangat beberapa kali oleh umiknya, karena cemas lalu saya bawa ke rumah sakit islami Masyitoh di kota Bangil. Setiba di rumah sakit langsung masuk ke ruang IGD, dokter jaganya cukup muda tapi ramah dan komunikasinya yang enak membuat hati tenang. Sang perawat melaporkan suhu anak saya Ridho 39,1 C. Oleh dokter muda tersebut langsung diberi SUPP parasetamol 120 mg karena khawatir mengalami kejang-kejang atau step.

anak panas tinggi

Alhamdulillah… belum ada 30 menit suhunya langsung turun namun badannya masih terasa hangat. Rupanya ajaib juga SUPP parasetamol ini, tapi memasukkannya bukan lewat oral tapi melalui dubur si anak. Obatnya tidak berbau seperti obat wasir atau ambein yang juga masuk lewat pintu belakang.😀

Sepulang dari rumah sakit sebab tidak rawat inap hanya diberi obat batuk dan parasetamol serta antibiotik. Diagnosis dokter terkena infeksi saluran pernapasan. Untungnya anak saya lebih bertenaga dan bermain-main meskipun diselingi tidur-tiduran. Namun badannya masih hangat-hangat panas, maka saya pun berinisiatif untuk membeli SUPP parasetamol di apotik, harganya sekitar 8 ribuan rupiah per bijinya.

Di malam hari dan esok siangnya saya berikan sendiri obat panas supp itu, tentu saja dengan usaha yang gak gampang karena si anak merasa tidak nyaman saat dimasuki obat itu. Panasnya pun turun lumayan, tapi ada kejanggalan karena tidak doyan makan. Setiap makan sesuatu pasti dimuntahkan dan bilang sakit.. sakit. Dugaan saya pun ini karena radang tenggorokan sesuai diagnosis dokter atau sakit gigi, memang giginya beberapa hitam. Kemudian umik memeriksa mulutnya dengan senter hp, lalu tiba-tiba dia lemas karena tenggorokan atau daerah dekat amandel (intil-intil) sangat memerah. Saya memeriksanya ternyata tampak lingkaran-lingkaran putih sariawan di daerah tersebut.

Esok harinya saya periksakan lagi ke dokter dengan menyebutkan gejala sariawan tersebut. Lalu diberi resep obat parasetamol sirup, antibiotik, dan Nystatin. Saya juga membeli obat Indra sariawan untuk anak yang disarankan para tetangga. Alhamdulillah… ternyata panasnya pun hilang seiring meminum obat-obat itu.

Pelajaran dari kisah nyata ini😀 adalah sediakan parasetamol untuk anak di rumah setiap waktu, pelajari mengompres anak dengan cara yang benar, amati gejala sakit sang anak dengan teliti karena kadang dokter pun ada kekurangannya bila informasi yang kita berikan tidak lengkap. Merujuklah pada dokter atau ahli kesehatan bila panas anak berlangsung sudah 1-2 hari agar tidak timbul masalah yang lebih mengkhawatirkan. Dan jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang Maha Menyembuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: