Pendidikan Islam Sebagai Solusi?

Permasalahan pendidikan di Indonesia sangatlah kompleks. Mulai dari angka putus sekolah, fasilitas yang memprihatinkan, kurikulum yang nggak juntrung jelasnya, masalah kesejahteraan guru, dll. Seakan-akan pendidikan nasional tidak akan pernah sehat, akan terus menerus sakit-sakitan. Contoh secara nasional, angka putus sekolah mencapai 4 juta siswa(angka yang cukup tinggi dan mengenaskan), demonstrasi oleh kaum guru masalah kesejahteraan, dsb.

Dari paparan diatas, kita simpulkan permasalahan pendidikan di Indonesia bukan masalah yang enteng tetapi membutuhkan kerja sama dari berbagai elemen bangsa dan kajian sistem pendidikan yang berkualitas.

Di tulisan ini sampaikan beberapa gagasan tentang pendidikan menurut Islam, barangkali bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Konsep Pendidikan Islam

Status Hukum

Menuntut ilmu menjadi kewajiban bagi seluruh kaum muslim.

Kesimpulan tsb diambil dari sabda Rosululloh bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban atas kaum muslimin.
Sehingga menjadi kewajiban bagi negara untuk mengadakan pendidikan gratis bagi rakyatnya. Negara tidak diperbolehkan untuk membebani rakyat dalam masalah pendidikan.

Tujuan pendidikan Islam

Tujuan asas pendidikan Islam yaitu membangun kepribadian Islami, dengan cara menjalankan perangkat pembinaan, pengaturan, dan pengawasan di seluruh aspek pendidikan melalui penyusunan kurikulum, pemilihan guru-guru yang kompeten, dan pemantauan prestasi anak didik serta upaya peningkatannya.

Teknik Pelaksanaan Pendidikan

Kurikulum dilandaskan pada pembangunan manusia dari segi akidah dan pola berfikirnya. Mulai dari penguasaan pengetahuan Islam sampai pengetahuan umum seperti teknologi, bahasa, ataupun sains. Untuk murid atau peserta didik nonmuslim tidak akan dipaksakan untuk mengikuti pengajaran tentang pengetahuan Islam, akan tetapi disediakan waktu khusus untuk belajar tentang agamanya masing-masing.

Penggunaan teknik pengajaran yang tepat adalah untuk mengintensifkan metode rasional (aqliyah) pada siswa, karena metode tersebut merupakan landasan bagi proses berpikir yang cemerlang dan kebangkitan/kemajuan taraf berpikir yang benar.

Output

Lulusan dari sistem pendidikan islam adalah manusia yang berpola pikir dan beraktivitas berlandaskan aqidah. Sehingga diharapkan menjadi seorang yang taraf berpikirnya tinggi serta melandasi seluruh perbuatannya kepada aqidah yang dipeluknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: