setifikasi guru, solusikah?

Dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal. Guru profesional dan bermartabat menjadi impian kita semua karena akan melahirkan anak bangsa yang cerdas, kritis, inovatif, demokratis, dan berakhlak. Guru profesional dan bermartabat memberikan teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat.

Pelaksanaan sertifikasi guru diharapkan mampu sebagai solusi berkaitan dengan pencapaian standar guru yang profesional. Akan tetapi, sertifikasi guru seakan-akan menjadi permasalahan baru yang semakin membebani para guru. Khususnya guru-guru yang kurang mendapatkan sosialisasi dari departemen pendidikan.

Dari tinjauan historis memang mayoritas guru di Indonesia kurang mendapatkan kesejahteraan finansial yang memadai dibandingkan dengan negara-negara maju atau berkembang lainnya. Dengan program sertifikasi guru, departemen pendidikan mempunyai alasan kuat dalam menuntut kenaikan gaji guru PNS ataupun yang masih honoris. Alasannya bisa dengan keprofesionalan atau kompetensi guru sudah layak memang untuk mendapatkan gaji yang lebih untuk hidup.

Pertanyaan?

Apakah memang sertifikasi guru bisa menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tsb, kita perlu melihat secara komprehensif tentang permasalahan pendidikan di Indonesia. Dari fakta yang ada, pendidikan merupakan salah satu dimensi yang tidak terpisahkan dengan yang lainnya seperti kondisi pemerintahan, ekonomi, budaya, serta politik di Indonesia. Sehingga sertifikasi guru hanya merupakan solusi parsial bukan solusi yang mampu membawa perubahan berarti.

Betapa tidak dengan anggaran pendidikan yang minimalis(tidak lebih dari 20% sari APBN), mungkinkah posisi pendidikan di indonesia bisa lebih maju?

Satu Tanggapan

  1. sebenarnya kalo dilihat dari segi positifnya sertifikasi guru akan memberikan tantangan tersendiri bagi guru yang bersangkutan dan secara perlahan-lahan akan memberikan output guru yang berkompeten dan profesional, tapi tidak semua guru-guru akan berpikiran ke arah tersebut karena diperlukan kesadaran masing-masing pihak dan hal-hal lainnya. Mengingat banyaknya rintangan yang dihadapi maka proses ini akan memakan waktu yang sangat lama.
    Salam….Keep blogging yach…Maaf kalo ada salah kata…hanya hasil pikiran subjektif saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: