BETERNAK dan BISNIS SAPI POTONG

Bisnis peternakan sapi potong di Indonesia  telah  lama dikenal masyarakat. Agar bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang optimal  bagi  pemiliknya maka perlu diperhatikan bebrapa hal yang menyangkut Manajemen pemeliharaan ternak sapi potong, antara lain :
1. Seleksi Bibit
a. Pejantan : Seleksi menyangkut kesehatan fisik, kualitas semen dan kapasitas servis.

b. Betina        : Seleksi menyangkut kondisi fisik dan kesehatan, kemiringan vulva tidak terlalu keatas, mempunyai puting 4 buah, bentuk ambing relatif besar dengan bentuk yang simetris.
2. Pakan
Pakan untuk ternak sapi potong dapat berupa Hijauan (rumput, kacang-kacangan dan limbah pertanian), konsentrat (dedak padi, onggok, ampas tahu)  dan makanan tambahan (vitamin, mineral dan urea.).
Secara umum jumlah makanan yang diberikan untuk seekor sapi setiap hari adalah sebagai berikut : – Hijauan : 35 – 47 Kg, atau bervariasi menurut berat dan besar badan.
-  Konsentrat : 2 – 5 kg
- Pakan tambahan :  30 – 50 gr.
3. Kandang
a. Syarat Kandang
- Bahan kandang dari kayu/ bambu serta kuat
-Letak kandang terpisah dari rumah dan jaraknya cukup jauh
-Lantai dari semen/tanah yang dipadatkan, dan harus dibuat lebih tinggi dari tanah sekitarnya.
-Ventilasi  udara dalam kandang harus baik.
- Drainase di dalam dan luar kandang harus baik.
b. Ukuran kandang
- Sapi betina dewasa 1,5 X 2 m/ekor
-Sapi jantan dewasa 1,8 X 2 m/ekor
-Anak sapi 1,5 X 2 m/ekorS
4. Sistem Perkawinan
a. Hand Mating
Kawin alam yang teratur dimana sapi betina birahi dibawa ke tempat pejantan untuk dikawinkan atau di IB.
b. Pasture Mating Jantan dan betina kawin alam di padang pengembalaan
c. Mengetahui Tanda Birahi
tanda-tanda birahi yaitu ; selalu gelisah, mencoba menaiki sapi lain, vulva membesar dan kemerahan serta keluar cairan lendir, nafsu makan menurun.
d. Mengetahui Tanda-tanda      Melahirkan
Tanda melahirkan seperti urat daging sekitar vulva mengendor, dikiri kanan pangkal ekorkelihatan legok, ambing membesar dan tampak tegang, sapi gelisah dll.
5. Kesehatan Hewan
Tindak pencegahan :
a. Hindari kontak dengan ternak sakit
b. Kandang selalu bersih c. Isolasi sapi yang di duga kena penyakit agar tidak menular ke sapi yang lain
d. Mengadakan tes kesehatan, khususnya penyakit  Brucellosis dan Tuberculosis.
e. Desinfektan kandang dan peralatan
f. Vaksinasi teratur.

Perhitungan Bisnis

Perkiraan analisis budidaya sapi potong kereman setahun di Bangli skala 25
ekor pada tahun 1999 adalah sebagai berikut:
1) Biaya Produksi
a. Pembelian 25 ekor bakalan : 25 x 250 kg x Rp. 7.800,- Rp.    48.750.000,-
b. Kandang Rp.      1.000.000,-
c. Pakan
- Hijauan: 25 x 35 kg x Rp.37,50 x 365 hari Rp.    12.000.000,-
- Konsentrat: 25 x 2kg x Rp. 410,- x 365 hari Rp.      7.482.500,-
d. Retribusi kesehatan ternak: 25 x Rp. 3.000,- Rp.          75.000,-
Jumlah biaya produksi  Rp.    69.307.500,-
2) Pendapatan :
a. Penjualan sapi kereman
Tambahan berat badan: 25 x 365 x 0,8 kg = 7.300 kg
Berat sapi setelah setahu: (25 x 250 kg) + 7.300 kg = 13.550 kg
Harga jual sapi hidup: Rp. 8.200,-/kg x 13.550 kg Rp.  111.110.000,-
b. Penjualan kotoran basah: 25 x 365 x 10 kg x Rp. 12,- Rp.      1.095.000,-
Jumlah Pendapatan Rp.  112.205.000,-
3) Keuntungan
Tanpa memperhitungkan biaya tenaga internal keuntungan
Penggemukan 25 ekor sapi selama setahun. Rp.    42.897.500,-
4) Parameter kelayakan bisnis
a. B/C ratio = 1,61

50 Tanggapan

  1. terima kasih,

    terus sharing yah.

    djabat erat.

  2. Menarik sekali artikelnya, tapi yang menjadi masalah bagai mana menentukan harga, jual dari ternak sapi tsb.
    Mengingat pada prakteknya di lapangan biasa nya hargannya di hitung berdasarkan penglihatan saja, tidak ada standar harganya.
    Bagai mana mengatasi hal tersebut.?

    • bener bos, aku jg berpendapat sama, paling kalo di daerah saya paling pol ke hari pasaran sapi, kalo anda dah tau lika liku penjualanya kasih tau aku ke tunggak_bangkit@yahoo.c
      makasih

  3. mohon ditambah tabel peningkatan berat badan tiap harinya..
    standarisasi harga jual sapi dilakukan oleh siapa?
    cara memaksimalkan nilai jual sapi?

  4. trims artikely
    tspi ysng jadi permasalahnya apakah hal tsb dpat jadi patokan 100%

  5. bagus artikelnya kalau bisa dijelaskan sedetail detailnya agar pembaca lebih yakin dalam menjalankannya.

  6. saya tertarik,, tapi dimana tempat untuk mendapatkan bibit sapi tersebut?

  7. asalamualaikum,
    saya widodo dari karanganyar jateng
    setelah lulus saya punya gambaran pengen usaha ternak sapi, melihat artikel ini saya sangat tertarik.
    mohon kasih info kepada saya. terimakasih

  8. 1.Siap kirim bibit (semen beku) limousin, simental, FH dll, dr BIB lembang untk pembibitan sapi. Hrg 10rb/straw (bebas biaya kirim untk p.jawa) hub.085746029216
    2. Sedia alt2 ptrnkn al: container IB USA 20ltr hrg 11,2jt
    3. Sedia bhn pkn sapi al: tumpi, janggel jagung, dll

  9. Artikelnya bagus banget, saya sangat tertarik sekali. kalau bisa di sisipkan fhoto bakalan, setelah pertengahan, dan siap jual, biar dapat lihat perkembangannya. Trims

  10. kami menawarkan investasi kemitraan penggemukan sapi potong untuk persiapan pengadaan hewan qurban.
    Keuntungan 10-15% dr modal untuk masa waktu pemeliharaan 60-70 hari. Berminat hub kami KPPM SEMARANG
    kppm_semarang@ymail.com
    rachel.ardian@yahoo.co.id

  11. kmai menawarkan kopi arabika dengan kualitas ready export, kopi kami berasal dari kebupaten Bener Meriah yang juga disebut dengan kopi gayo terletak di dataran tinggi Aceh, yang berminat bisa hubungi ke 085261514756 dengan bapak yusrin atau di yusrin_04@yahoo.com.
    kita akan musyawarahkan kembali.

  12. SALAM KENAL;
    Saya sedang mencari investor yang ingin bergerak dibidang peternakan sapi untuk didaerah Riau. Saya mempunyai lahan dan pakan ternak yang memadai, dan masalah bagi hasil sesuai dengan kesepakatan bersama. Bagi yang berminat silahkan kirim email ke agus.suprastyo@yahoo.co.id atau HP. 085271252221
    Terimakasih
    -

  13. bisa di jelaskan resiko dari bisnis sapi?

  14. untuk daerah 700m dari permukaan air laut…..cocok nya sapi jenis apa ntuk jenis sapi potong…dan tahan terhadap pengaruh penyakit dan lingkungan…..

  15. bagus banget artikelnya…. saya baru ternak…jadi cari info yang banyak…saya dengar2 raja sapi dari tamasindo bagus y? ama kudix spray nya nya….

  16. Bisnis sapi memang sekarang sangat prospek untuk dikembangkan, bahkan pemerintah sangat berambisi dengan KUPS, tetapi kenyataan di lapangan sangat susah bagi petani kecil biasa untuk mengakses dana tersebut, butuh upaya pendampingan agar semua bisa berjalan dengan baik.
    informasi praktis tentang penyedia Bakalan sapi, informasi pemeliharaan dan pos untuk pemasaran sepertinya sangat perlu dilakukan, dan jika ada yang tahu jangan diam saja, mari kita bekerja sama untuk indonesia jaya.
    Pemerintah sudah seharusnya ikut berperan untuk penyedia bakalan sapi unggul dan bermitra dengan masayrakat, berdayakan dinas peternakan daerah untuk bekerja, atau petani yang aktif dalam mencari informasi!!

  17. mas saya berminat ikut bisnis pengemukan sapi alamat mas di mana…………….. sys ada di bogor……..

  18. salam..
    saat ini saya menjual CD cara berternak sapi potong yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD (blm ongkos kirim). jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD Agrokomplek lainnya di bid. PETERNAKAN, PERTANIAN, PERKEBUNAN, dan PERIKANAN. tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan teman-teman. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/cdbudidaya2

    terima kasih

  19. saya seorang pemuda yang ingin menjadi seorang peternak dimana saya mencari panduan untuk memulai usaha peternakan sapi potong dan dimana saya menjual sapi saya nanti agar bisa menjual sapi saya dengan lancar

  20. saya seorang pemuda yang ingin menjadi seorang peternak dimana saya mencari panduan untuk memulai usaha peternakan sapi potong dan dimana saya menjual sapi saya nanti agar bisa menjual sapi saya dengan lancar silahkan kirim e_mail sodara ke
    made.tiwan@yahoo.com

  21. bagi yang ingin bermitra dg kami dbidang sapi hub kami;085235060288,karena kami pemasok smua jenis sapi

  22. Salam kenal
    saya sedang beternak sapi jenis siemental dan limousine juga sapi Po total jumlah 10 ekor,dan tahun ini tahun ketiga saya beternak sapi, tapi terus terang keuntungan yang didapat tipis krn dijual kejuragan atau bakul. mungkin kiranya ada yang mau menampung sapi saya yang langsung ke tempat pemotongan hewan. perkiraan panen saya 1.5 tahun lagi karena baru saja panen.

  23. trim,saya peternak sapi potong&pengusaha pakan ternak sapi,hari2 ini perlu tambahan pasokan janggel/slamper halus.hp08123286204.
    Firman tinggal di Gresik utara

  24. jual sapi import Australia……….. kami kirim sampai ke tempat anda………… minimal pembelian 25 ekor. untuk informasi harga hubungi 081321138634 dani hermawan.

  25. jual sapi import Australia……….. kami kirim sampai ke tempat anda………… minimal pembelian 25 ekor. untuk informasi harga Email Ke danihermawan47@yahoo.com atau hubungi 081321138634. Tks

  26. bagus.

  27. saya menekuni bisnis ini bener2 dari nol
    ALHAMDLLH sekarang udah berjalan
    Tp aku bisnis hanya dipasar kepasar

  28. oalah mbak/mas gini hari miara sapi ampe setahun, ky jaman majapahit aja.

  29. hehehehehehehe……..
    tahun ini banyak temen ku para peternak sapi yng gulung tikar oiiii……
    pakan mahal sapi tak ada harganya al hasilpun…. ajuuuuuurr……

    • iya… harga sapi sekarang turun. tapi anehnya harga daging tidak ikut turun.
      Yang terpenting kita sudah usaha dengan rencana matang, kalau gagal itu resiko dalam berbisnis, Allah yang mengatur rezeki masing2 dan memberi pahala bagi yang bekerja.

  30. sangat menarik saya perlu bimbingan….trimakasih

  31. saya mencari kontener straw second barangkali ada yang tahu…hp saya 081332665120

  32. Ana telah berternak selama setahun, tetapi ernak saya adalah ternak alami, emang juga ada keuntunga tapi sedikit, sebenarnya saya ingin meningkatkan pternakan saya, tetapi kendalanya saya belum cukuppunya modal.
    nNah bagaimanakah cara mendapatkan modal kerja yang suku bunganya ringan? Mohon petunjuk dari para senior yang udah lama menggeluti dunia ternak sapi/lembu……
    kami siap menerima lewat email ataupun lewat via sms. sebelum dan sesudahny kami ucapkan terimakasih untuk semuanya!!!!

  33. Alhamdulillah saya bisnis sapi potong,
    Dengan kata lain saya “jagal sapi”,,,
    Sebenarnya saya ingin sekali mengembangkan usaha saya ini ke penggemukan sapi,,,
    Tapi saya masih blum mempunyai ilmu yang cukup untuk memulainya,,

    • klo butuh sapi hub saya yya . . sya d madiun bapak sya bisa jadi rekanan bisnis anda,., , untuk spi siap potong maupun untuk yang penggemukan . .hub .08125939038

  34. salam kenal teman-teman semua… mau tanya nih, harga /kg sapi hidup sekarang brp?
    jika ada yg tahu tolg saya di sms 081225660810

  35. i will try for budidaya sapi. thanks a lot

  36. tman2 harga sapi ptong
    skrng brpa?

  37. lo da yg mau kerjasama dibidang ni,,hub..saya 08567813579

  38. harga daging sapi terima bersih dtempat pemotongan Rp 54.000/kg msh harga lebaran.. tahun ini harga naik dsebabkan sapi dr luar dilarang msk.. utk berbagi informasi hub. titohadi817@gmail.com

  39. klo ada yang butuh sapi siap potong maupun untuk penggemukan hub saya. . . saya dr madiun. . .hub sya d facebook ato d no ini. . .085746158031. . .

  40. saya tertarik untuk bisnis sapi,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: